Tips Mempersiapkan Berkas Beasiswa ke Luar Negeri (Part II)

prof

Pada bagian ini, aku akan membahas tentang pencarian professor untuk dosen pembimbing sekaligus bergabung dengan tim penelitian professor tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Setelah menentukan bidang yang akan kita tekuni, segera buka website universitas yang akan kita tuju, selanjutnya cari professor di website tersebut, dan lihat profil beserta jurnal-jurnal yang telah dihasilkannya.
  2. Selanjutnya, segera cari jurnal tersebut di google cendekia/google scholar dan buka website jurnal.
  3. Jika kita membuka website jurnal tersebut, kita hanya dapat melihat abstraknya saja karena untuk melihat isinya kita harus membayarnya.
  4. Untuk itu kita perlu bergabung dengan komunitas berbagi jurnal di grup Facebook: Indonesia-International Collaborative Research Forum. Di sini kita bisa meminta teman-teman yang berkuliah di luar negeri untuk membantu mendownload jurnal yang kita inginkan.
  5. Sesudah membaca jurnal professor tersebut, maka kita sudah dapat mengirimkan email kepada professor tersebut, alamat email dapat kita peroleh dari profil professor tersebut di website universitas. Contoh dari surat tersebut dapat di download Di Sini.
  6. Kita tinggal menunggu email balasan dari professor tersebut, dan jika kita sudah menerima email balasan berupa penerimaan professor tersebut, maka kita dapat melanjutkan tahap berikutnya, yaitu membuat janji bertemu professor tersebut dan melihat-lihat laboratoriumnya.
  7. Jangan takut untuk berhubungan dengan professor-professor tersebut karena secara umum professor-professor di luar negeri semuanya memiliki pemikiran yang terbuka dan sangat welcome dengan para mahasiswanya, walaupun demikian kita harus dapat berkomunikasi dengan sopan, untuk itu memang sebaiknya kita menguasai bahasa inggris yang baik.
  8. Jika kita sudah bertemu dengan professor tersebut dan mengemukakan tentang rencana penelitian kita serta sudah melihat-lihat laboratoriumnya, ternyata dia menerima kita untuk menjadi mahasiswa bimbingannya, maka untuk selanjutnya kita dapat berdiskusi dengan professor tersebut dalam pemilihan course.

Demikianlah tips untuk menemukan dosen pembimbing dan sebaiknya langkah ini dilakukan teman-teman yang sudah mendapatkan LOA (Letter of Acceptance) dari universitas, atau untuk teman-teman yang memang sudah berada di negara yang dituju, langkah ini dapat dilakukan sebelum teman-teman melakukan ujian masuk universitas sehingga lebih memudahkan teman-teman diterima di universitas tersebut. Selamat mencoba semoga bermanfaat!

Untuk tips selanjutnya, saya akan membagikan tips mempersiapkan ujian tes bahasa Inggris (TOEFL atau IELTS) yang dapat teman-teman lakukan sendiri di rumah.

Tag:, , , ,

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: