Pentingnya Ilmu Bagi Seorang Muslimah

Oleh: Siti Utari Rahayu

 Sebuah Resume dari Majlis Ilmu Tim Peduli Jilbab, “Fiqih darah Wanita” oleh Ummu Ihsan

Medan, 20 April 2014

 Jika Allah menghendaki kebaikan untuk seorang Hamba maka Allah akan memberikannya Kepahaman yang baik akan Agama

Gambar

Islam adalah agama yang sangat lengkap. Semua urusan sudah diatur dalam Islam. Mulai dari urusan kebersihan diri di kamar mandi sampai urusan kenegaraan. Sayangnya masih banyak umat Islam yang tidak menyadari hal ini, apalagi umat Islam yang memperolah agama Islam hanya berdasarkan warisan saja hingga banyak sekali umat Islam tidak mengetahui berbagai masalah fiqih. Sebagai contoh, mungkin tidak semua dai kita mengetahui bahwa adab dalam kamar mandi dalam Islam itu sangat banyak, mulai dari masuk dengan menggunakan kaki kiri dan mengucapkan Basmallah (Ucapan ini sebagai penutup aurat kita dari jin dan setan), tidak boleh menghadap dan membelakangi kiblat, melakukan istinja’(dengan menggunakan air) atau Istijmar (Tidak menggunakan air) dengan berdoa, dan keluar dengan kaki kanan. Salah satu cara agar kita sebagai umat Islam memahami lebih dalam tentang berbagai urusan hidup berdasarkan Islam adalah dengan rajin mengikuti majlis-majlis Ilmu. Dan memang penting bagi kita untuk terus mempelajari agama sepanjang hidup kita. Jika Ilmu dunia mengenal kata lulus atau tamat  dalam mempelajarinya, maka untuk Ilmu Akhirat ini kita tidaklah boleh mengenal kata tamat dalam mempelajarinya.

Pada kesempatan kali ini, Ummu Ihsan menekankan kepentingan Ilmu dalam beragama, karena menurut Ummu, beragama itu bukan berdasarkan perasaan, tetapi haruslah berdasarkan Ilmu. Ummu pun menceritakan  bahwa pada awalnya dia pernah bergabung dengan sebuah Tarekat, pada tarekat tersebut Ummu diberi tasbih dan berbagai doa-doa dalam bahasa Arab yang Ummu sebenarnya tidak mengerti artinya, untuk diamalkan. Memang setelah mengamalkannya, Ummu merasa sangat tenang dalam menjalani hidup, namun setelah Ummu keluar dari tarekat tersebut dan mengaji di tempat lain, Ummu baru menyadari bahwa beragama itu harus berdasarkan Ilmu bukan berdasarkan perasaan. Ketika Ummu membuka kembali catatannya di tarekat tersebut, Ummu mendapati ternyata doa-doa yang dulu dilafalkannya mengandung unsur-unsur syirik.

Setelah menekankan kepentingan menuntut ilmu agama, Ummu menjelaskan mengenai Fiqih darah wanita. Secara garis besar, seorang wanita dapat mengalami tiga hal yang menyebabkan keluarnya darah melalui vagina, yaitu haid, nifas, dan istihadah(keluarnya darah di luar masa haid dan nifas). Selama masa haid dan nifas, seorang wanita tidak boleh menjalankan beberapa ibadah, yaitu shalat, puasa, jima’, dan thawaf. Sedangkan untuk istihadah, hukumnya sama dengan orang suci hanya saja setiap hendak shalat, diwajibkan  kembali berwudhu dan disunnahkan untuk mandi terlebih dahulu.  Yang menjadi permasalahan adalah adanya anggapan-anggapan yang menjadikan para wanita haid ini menjadi full membebaskan dirinya dari ibadah-ibadah, padahal ada banyak ibadah yang dapat dilakukan, seperti berzikir dan membaca berbagai surah dalam Al-Qur’an, seperti  membaca ayat kursi pada pagi, sore, dan hendak tidur, membaca surah Al-Mulk ketika hendak tidur, begitu juga Surah As-Sajadah, selain itu kita juga dapat membaca doa-doa yang telah dirangkum dalam Al-Matsurat.  Untuk itu, sebaiknya kita memang menyadari bahwa ada banyak hal yang menjadikan kita untuk selalu mengingat Allah, bahkan ketika masa haid datang.

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar disini mengenai urusan Fiqih ini, untuk lebih lengkapnya, mengenai Fiqih darah Wanita ini, dapat dibaca di buku, “ Bekal Muslimah di masa Haid dan Nifas” oleh Ummu Ihsan dan “ La Tahzan untuk Wanita Haid” oleh Ummu Azzam.

Tag:, ,

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: