Pembelajaran “Besaran dan Satuan”

Oleh: Siti Utari Rahayu

Setiap tahun ajaran dimulai, pelajaran fisika selalu diawali dengan materi ” Besaran dan Satuan”. Materi tersebut  merupakan hal penting mendasar yang harus dipelajari siswa yang akan mempelajari fisika. Tahun ajaran lalu, saya mengajari materi ini dengan memberikan sedikit perhatian pada makna dari besaran itu sendiri dan lebih banyak memberikan penekanan pentingnya pengukuran.  Namun, saya melihat hasilnya kurang memuaskan, anak-anak tetap tidak mengerti arti penting besaran di pelajaran fisika.  Saya pun melakukan perubahan dalam metode pembelajaran. Saya ingin anak-anak memahami kepentingan dari materi ini.

 

Awalnya saya memberikan sebuah lelucon yang saya dapat dari pengalaman saya mengajar dahulu bahwa ada seorang siswa yag mengira bahwa besaran itu artinya segala sesuatu yang berukuran besar. Selanjutnya penekanan yang saya lakukan dengan menjelaskan maknanya sekaligus memberikan contoh. Saya membawa beberapa barang-barang bekas yang saya kumpulkan secara acak dari rumah saya, seperti bekas botol shampo, mainan kunci, pensil, dll. Selanjutnya anak-anak memilih benda-benda itu dan menentukan besaran-besaran apa saja yang terdapat pada benda tersebut. Selanjutnya anak menuliskannya dan kami mendiskusikan salah satu jawaban. Materi pun dilanjutkan dengan memberikan pengertian tentang Besaran pokok yang saya jelaskan dengan bantuan papan tulis dan hand-out. Setelah selesai, materi dilanjutkan tentang besaran turunan. Setelah saya jelaskan bahwa besaran turunan itu adalah besaran selain besaran pokok, saya memberikan contoh besaran dan mereka menentukan apakah itu besaran turunan atau besaran pokok.

 

Saya banyak mengajak anak-anak untuk berdiskusi dan mengadakan kuis-kuis lisan di awal, tengah, dan akhir pembelajaran. Nyatanya metode sepeti ini cukup efektif dan saya melihat bahwa hampir semua anak-anak mengerti tentang makna besaran.  Saya melihat untuk anak-anak sesusia mereka belum begitu mengerti bahasa-bahasa yang dipergunakan di pelajaran Fisika sehingga saya memilih untuk menyederhanakan bahasa, misalnya pengertian besaran turunan yang saya sederhanakan.

Tag:,

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

