Membaca Dalam Hidup

Oleh: Siti Utari Rahayu

Membaca beberapa status-status bagus melalui Facebook kadang dapat memberikan semangat tersendiri, apalagi ketika sedang menuju tempat bekerja. Itulah yang selalu kulakukan setiap pagi, untungnya aku berteman dengan orang-orang yang suka memberikan kata-kata mutiara melalui status FB-nya. Pada awalnya aku malas untuk membaca status-status tersebut, namun entah kenapa timbul keinginan untuk membacanya. Apalagi setelah mendengar cerita temanku bahwa dia sering mendapat pencerahan Islam dari beberapa akun Islam di Facebook. Salah satu akun FB yang kuikuti untuk mendapat pencerahan adalah akun Strawberry dan Apple, berikut ini adalah salah satu contoh tulisan di akun Strawberry.

HIDUP ITU INDAH ~

Aku belajar diam dari banyaknya bicara.
Aku belajar sabar dari sebuah kemarahan.
Aku belajar mengalah dari suatu keegoisan.
Aku belajar menangis dari kebahagiaan.
Aku belajar tegar dari kehilangan

Hidup Adalah BELAJAR…….
Belajar Bersyukur Meski tak Cukup,
Belajar Ikhlas Meski Tak Rela,
Belajar Taat Meski Berat,
Belajar Memahami Meski Tak Sehati,
Belajar Sabar Meski Terbebani,
Belajar Setia Meski Tergoda,
Belajar Memberi Meski Tak Seberapa,
Belajar Mengasihi Meski Disakiti,
Belajar Tenang Meski Gelisah,
Belajar Percaya Meski Susah,

Belajar dan Terus Belajar…
Belajar sampai pada akhirnya Allah yang menyempurnakan..
Aamiin!!

Janganlah pernah menyerah….teruslah berjuang……
Hidup bukanlah satu tujuan..,melainkan perjalanan…..
Nikmatilah……….

Hidup adalah tantangan….Hadapilah….

Hidup adalah anugerah….Terimalah….

Hidup adalah pertandingan….Menangkanlah…..

Hidup adalah tugas…..Selesaikanlah…..

Hidup adalah cita cita….Capailah….

Hidup adalah misteri….Singkapkanlah….

Hidup adalah kesempatan….Ambilah….

Hidup adalah lagu….Nyanyikanlah….

Hidup adalah janji….Penuhilah….

Hidup adalah keindahan…Bersyukurlah….

Hidup adalah teka teki….Pecahkanlah….

Satu hal yang membuat kita bahagia adalah CINTA…

Dan satu hal yang membuat kita dewasa adalah MASALAH…
Dunia diciptakan untuk sebuah MASALAH…
Hadapilah sejuta MASALAH apa bila MASALAH itu bisa memberi manfaat kepada kita dan banyak orang di sekitar kita…..
Akan tetapi HINDARI satu masalah apabila masalah itu akan memberi MUDHARAT kepada kita dan orang di sekitar kita………..

***

Kata Bijak Hari Ini

Bahagialah dengan apa yang engkau peroleh, menerima apa adanya pemberian Allah, tinggalkanlah mimpi yang tidak sesuai dengan yang engkau usahakan dan di luar kemampuan.

(Dari akun FB Strawberry)

Selain itu, ada salah seorang temanku yang suka sekali menulis kutipan-kutipan yang bagus dan salah satu kutipannya yang sangat kusukai adalah dari AA Gym, yaitu:

Tenang atau sakinah itu milik Allah, tak akan didapatkan dari siapa pun, bila ingin tenang maka dekatilah pemiliknya,” Aa Gym

Aku juga suka membuka situs-situs berita untuk mencari tulisan-tulisan yang dapat diintisarikan dan dimasukkan ke dalam salah satu rubrik majalah sekolah. Dan ketika membuka situs “Sains” di Kompas.com, aku menemukan tulisan tentang bagaimana cara berinovasi kreatif, berikut ini adalah intisari dari tulisan tersebut.

Inovasi Kreatif

 

Joshua Simanjuntak, salah satu juri Black Innovation Awards 2012 (BIA 2012) berbagi resep bagaimana menjadi inovator andal. Ia mengungkapkan, inovasi yang baik hanya bisa dihasilkan bila inovator memahami produk sehingga mengetahui dengan pasti permasalahannya.

salah satu yang harus dikenali sebelum mendesain adalah material. Menurutnya, banyak inovator belum menguasai pemilihan material sehingga produk yang dibuat tidak berfungsi seperti desainnya. Dalam berinovasi, inovator perlu melihat masalah yang lebih luas sehingga produk yang dihasilkan benar-benar bisa dipakai banyak orang. “Seharusnya inovasi lebih general, berkaitan dengan masalah banyak orang,” paparnya.

Joshua mengungkapkan perlunya inovator memiliki mental pengusaha. Setelah inovasi jadi, inovator perlu mematenkan dan berani memproduksi sendiri atau bekerja sama dengan wirausahawan.(Sumber: Kompas.com)

Ketika malam menjelang, aku menghibur diriku dengan menonton televisi dan ternyata aku mendapati sebuah film yang bagus, “Evan Almighty”, walaupun judulnya  aneh dan pongah  tetapi ada hal bagus yang tersirat di dalamnya dan dapat menguatkan hati kita dalam menghadapi kehidupan ini, Salah satunya kata-kata berikut ini:

Ketika kau berdoa untuk mendapatkan keberanian, apakah Tuhan memberikanmu keberanian atau peluang untuk berani?

Ketika kau berdoa untuk mendapatkan kesabaran, apakah Tuhan memberikanmu kesabaran atau peluang untuk bersabar?

Ketika kau berdoa untuk mendapatkan kasih sayang dari keluargamu, apakah Tuhan menjadikan keluargamu langsung mengasihimu atau peluang agar keluargamu dapat saling berkasih sayang?

Intinya adalah jangan pernah mengeluh dalam hidup karena apapun yang terjadi dalam hidup kita, itu adalah cara Tuhan menyayangi kita dan cara Tuhan dalam mengabulkan doa-doa kita. (Kalimat yang mudah kutuliskan tetapi sering kulupakan)

Selepas menonton film tersebut, ternyata masih ada film yang bagus, Yaitu tentang seorang supir  taxi yang baik hati harus mengantakan seorang pembunuh dalam membunuh target-targetnya. Salah satu bagian yang paling saya sukai adalah ketekunan supir tersebut dalam bekerja keras. Dia mempunyai cita-cita dan dalam mewujudkan cita-citanya tersebut dia dengan sabar bekerja tanpa mengeluh. Ketika dia merasa berat dan kesal dalam menjalankan tugasnya sebagai supir, dia menghibur dirinya dengan hiburan sederhana, yaitu melihat foto pemandangan sebuah pulau yang mungkin dia ingini untuk pergi kesana. Dia mengatakan bahwa dengan melihat foto tersebut, dia sudah berlibur kesana. Sungguh sederhana. Selain itu, dia juga berbakti kepada orang tuanya dengan selalu menjenguknya di rumah sakit setiap malam walaupun dia saat itu sibuk menyupir, dia akan menelpon ibunya tersebut.

Itulah beberapa pelajaran yang berharga yang kudapatkan dari berbagai media. Membaca memang bukan hanya dari lembaran-lembaran buku tetapi jika kita jeli dalam menjalani kehidupan ini, maka membaca sifat-sifat dan berbagai pelajaran hidup dapat kita lakukan dimanapun dan kapanpun. Selamat Membaca.

About sitiutarirahayu

I am a muslim

2 responses to “Membaca Dalam Hidup”

  1. Heksaviolet says :

    iya vika, ud tri lihat email,,tapi gag ad masuk email bru dr vika,,

  2. pika says :

    iya, seep banget,
    benar benar bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: