Kunanti Kau di Penghujung 2012

Oleh: Siti Utari Rahayu

Sebuah Tulisan yang diikutsertakan pada:

Penantian memang identik dengan suasana yang membosankan. Berjam-jam membiarkan waktu membunuhi rasa dan jiwa, demi sewujud keinginan atau janji. Namun, jika penantian itu kita jalani dengan penuh semangat, alih-alih membosankan, penantian itulah yang dinanti.

Demikianlah tahun 2012 ini, daripada sibuk menunggui datangnya tahun 2013 dengan ritual yang biasa (bahkan sangat biasa), ada baiknya kita buat beberapa daftar kegiatan tambahan yang menyenangkan dan tentunya dengan beberapa pencapaian yang signifikan.

Sebelum membahas resolusi tahun ini secara panjang lebar, ada baiknya kita simak beberapa pertanyaan berikut ini:

1.Mengapakah pendidikan kita tidak masih belum dapat memberikan makna kehidupan?

suramkah pendidikan kita

2. Mengapakah masyarakat kita masih mencintai slogan “Biarlah dunia kotor, asal saya bersih.”?

Sampah

3. Mengapakah pencapaian yang kita nanti hanya menjadi mutiara di dasar lautan?

mutiara

Sebenanya pertanyaan-pertanyaan itulah yang menggiring saya (Mungkin juga Anda) untuk membuat beberapa kegiatan tepat-guna di tahun 2012 ini. Selain rasa sakit yang saya alami ketika melihat penjual sepatu keliling yang tidak laku, penjual madu keliling yang terus berkeliling hingga malam-hujan datang. Nyatanya saya masih tidak dapat berbuat apa-apa, hingga luruh rasanya,ingin saya berjongkok berlama-lama.

Resolusi tahun ini akan tiada arti bila saya tak dapat menentukan beberapa kunci yang tepat untuk membukanya. Untuk menemukan kunci itu ada beberapa kegiatan yang akan saya rencanakan untuk dilakukan pada tahun 2012 ini:

  1. Menentukan dan menguatkan kembali visi dan misi. Misalnya tahun ini saya kembali menguatkan visi untuk menjadikan hidup saya lebih berguna bagi orang lain, nyatanya saya ingin sekali dapat mengurangi kemiskinan dengan membuka lapangan kerja dan lapangan pendidikan agama. Namun, sampai saat ini saya masih bergerak di 0 km dengan titik acuan diri sendiri. Maka, salah satu misi saya tahun ini adalah mengerjakan pekerjaan saya sekarang ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan. Misi lain saya adalah mengajari kebersihan kepada anak didik saya agar nantinya mereka menjadi manusia yang seutuhnya mencintai kebersihan total. Dan mungkin, masih ada satu misi yang akan saya buka, yaitu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris saya karena bahasa Inggris adalah salah satu kunci pengetahuan.
  2. Mencari pendukung dan modal buat menjalankan misi. Dalam hal ini Ada beberapa alat yang dapat digunakan. Salah satu alat yang akan saya perkenalkan untuk menjalan beberapa misi saya adalah internet. Mengapakah saya katakana demikian? Kenyataannya saat ini berita dan segala pengetahuan dapat kita temukan dengan internet hanya dalam hitungan detik saja. Saya beri contoh nyata, saya senang sekali mencari gambar-gambar lucu, teka-teki buat menunjang kegiatan saya dalam mengajar, karena kebanyakan anak sangat tertarik dengan sesuatu yang lucu dan memikat. Kita dapat terhubung dengan internet melalui banyak media, misalnya dengan USB Modem, Speedy, atau Wi-Fi di beberapa area. Modal lain yang diperlukan adalah semangat, kerja keras, dan disiplin. Mengenai disiplin ini, guru saya yang sudah mendapatkan gelar doktor dari Inggris selalu mengingatkan saya berkali-kali agar saya dapat seperti beliau.
  3. Tak pernah berhenti di tengah jalan. Ini adalah hal yang penting. Saya sudah beberapa kali ditegur mengenai keplin-planan saya oleh guru-guru saya. Dan saya rasa memang saya sangat salah dan aneh dalam menentukan segala pilihan saya. Untuk itu tahun ini saya akan berusaha berkonsentrasi pada satu hal.
  4. Selalu ingat kepada Tuhan. Untuk masalah ini, nurani kita masing-masinglah yang berbicara kemutlakan ini.

Saya yakin, dengan langkah-lagkah saya di atas. Saya(Mungkin juga Anda) dapat memenuhi beberapa pencapaian tahun ini. Hingga saya ingin menjerit, “Kunanti Kau-Pencapaianku di penghujung 2013!” dan pencapaian yang kita nanti itu bukan hanya menjadi mutiara yang terpendam. Semoga Allah memberi jalan.

Lihat Lombanya di: ResolusiJuara dan ResolusiJuaraI

Tag:

About sitiutarirahayu

I am a muslim

4 responses to “Kunanti Kau di Penghujung 2012”

  1. Sigit Irmawan says :

    wah topik yang mantabb sob..
    semoga sukses resolusinya..
    kunjungi punya ane juga di
    http://sigitirmawan.com/tuntaskan-skripsi-di-2012-my-resolution
    tinggalkan komentar yah..
    happy blogging..🙂

  2. Lindanda says :

    cay0!
    luv U
    ^_^v

  3. HeksaViolet says :

    thank you, Ed!

  4. Edi says :

    Semangat ya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: