Ayo Menjadi Hijau!!

Bumi ini semakin tua, dan jumlah manusia semakin banyak. Jika bumi tidak dijaga maka akan terjadi banyak sekali kerusakan-kerusakan yang akibat buruknya juga ditanggung oleh manusia itu sendiri. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan alam itu penting sekali.

Mungkin kita berpikir, hal apa yang dapat kita lakukan untuk turut menjaga alam, dan lagi berapa pula dana yang dibutuhkan.

Tidak serumit itu jika kita memang meniatkan untuk turut menjaga lingkungan hidup. Segala keterbatasan yang kita miliki bisa saja menjadi suatu hal yang istimewa. Jika kita tergolong orang yang belum mampu mendanai program besar seperti Green Peace, kita bisa saja melakukan hal-hal kecil dalam menjaga lingkungan hidup. Hal yang kecil dan ikhlas  itu bisa saja membuahkan hasil yang besar dan luar biasa.

Salah satu contoh adalah dengan menanam bunga di pekarangan rumah. Selain indah dipandang, bunga juga dapat menyegarkan udara, karena bunga pada siang hari akan memproduksi gas oksigen sebagai hasil fotosintesis.

Tanaman bunga yang ditanam tak perlu mahal dan mengikuti tren, sebuah tanaman suplir yang ditanam pada kaleng bekas cat akan terlihat sangat menarik jika kita tekun merawatnya, apalagi tanaman itu diletakkan di sudut yang tepat di pekarangan rumah. Dan jika ingin mengasah rasa seni, kita juga bisa menghias kaleng bekas tersebut. Dengan kegiatan ini banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh, yaitu: lingkungan menjadi hijau, segar, memanfaatkan sampah kaleng cat, mengasah rasa seni, dapat membantu menenangkan pikiran dan jiwa.

Mawar

Mawar merah, tanaman hias pekarangan rumah

Banyak sekali tanaman-tanaman liar yang sebenarnya bisa juga menjadi tanaman penghias pekarangan rumah, misalnya tanaman keladi-keladian, pakis-pakisan, yang biasanya tumbuh liar. Selain itu tanaman lain yang mudah ditanam seperti mawar, jenis begonia, tapak dara, juga merupakan pilihan yang baik. Mawar dapat diperbanyak dengan melakukan penyetekan, dengan batang yang dipilih tidak tua dan juga tidak terlalu muda, begitu juga dengan begonia, bahkan daunnya saja pun dapat ditanam.

Dan pot tanaman tidak mesti kita beli yang mahal, kaleng bekas minuman ringan yang dilubangi bagian bawahnya dapat dijadikan pilihan yang menarik untuk tanaman ringan yang menjalar. Sebuah ban bekas yang dicat warna juga dapat menjadi pilihan yang mengagumkan jika dipadukan dengan tanaman palem-paleman. Masih banyak lagi hal kecil yang dapat kita lakukan untuk menjaga lingkungan hidup,misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya. Memang kedengarannya sangat sepele dan sudah sering sekali didengungkan orang-orang, tetapi masalahnya adalah sudahkah kita melakukannya, membuang sampah pada tempatnya?

Begonia

Begonia,tanaman hias yang gampang ditanam

Saya pernah mendengar cerita dari teman saya yang pernah mengunjungi Korea, katanya di sana sangat bersih, bahkan satu sampah permen saja tidak ada. Dan ternyata hal itu karena mindset masyarakat Korea tersebut, yaitu bahwa Orang yang membuang sampah sembarangan adalah orang bodoh. Tentunya kita tidak mau dikatakan sebagai orang bodoh kan.

Pada postingan selanjutnya akan dituliskan tentang membuat pupuk kompos (Saya sendiri juga belum mencobanya, karena tak adanya lahan luas di pekarangan saya), semoga artikel ini bermanfaat!!

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: