Ada Apa Dibalik Kesemutan

Pernahkan anda mengalami gejala seperti ini, kaki atau tangan terasa kebal atau ngilu, namun berangsur-angsur hilang jika kita mulai menggerak-gerakkan bagian tubuh tersebut, biasanya gejala ini datang ketika kita duduk sambil melipat kaki dalam waktu yang lama atau tangan tertindih badan. Gejala ini dinamakan kesemutan.

Bagaimana terjadinya kesemutan itu? Pada dasarnya, kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam. Yang paling sederhana, misalnya jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama. Pada orang yang sensitif, tidur miring terlalu lama saja dapat menyebabkan kesemutan.

Dan ternyata kesemutan ini tak dapat dianggap remeh, karena dapat merupakan suatu gejala dari penyakit tertentu. Misalnya, Apabila seseorang mengalami kesemutan di satu bagian tubuh, kemudian menjalar ke bagian tubuh lain di sekitarnya dan memperburuk fungsi-fungsi tubuh lainnya, kemungkinan itu adalah manifestasi tumor di bagian depan otak.

Kesemutan yang tidak disertai dengan gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor di kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi. Namun, kita mesti lebih waspada jika ada gejala lain di luar kesemutan. Bukan hanya kelumpuhan, kesemutan bisa juga disertai gangguan penglihatan, pendengaran, atau lainnya. Jika ada tumor di otak selain gejala kesemutan atau tebal, ada juga sakit kepala, muntah-muntah, dan kelumpuhan kecil.

Kesemutan sebagai bagian dari gejala penyakit sebenarnya tahap paling awal dari suatu proses kehilangan rasa. Kalau tahap paraesthesia (kesemutan) sudah terlampaui, pasien meningkat pada hypaesthesia (baal) sampai akhirnya mengalami anaesthesia (hilang rasa sama sekali).

Bila kesemutan tidak hilang hanya dengan dikibaskan, bila tadinya hanya terasa di dua jari kemudian di semua jari, lalu merambat ke tangan; bila tadinya hanya terjadi sekali-sekali namun kini hampir tiap hari, atau bila kesemutannya telah meningkat menjadi baal, itu saatnya kita harus pergi ke dokter.(disunting dari info-sehat)

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: