Garam Berlebihan, Penyebab Penyakit Jantung

Selama ini kita mengira bahwa penyakit darah tinggi dan jantung adalah penyakit orang kaya, karena hanya masyarakat menengah ke atas-lah yang biasa mengkonsumsi daging dan makanan enak lainnya. Tetapi, ternyata kedua penyakit itu malah banyak menyerang masyarakat menengah kebawah yang jarang mengkonsumsi daging. Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab utama kedua penyakit ini?

Ternyata jawabannya ada pada salah satu bumbu utama hampir di semua menu masakan Indonesia, yaitu garam dapur. Hal ini karena adanya kandungan sodium yang tinggi pada garam. Tubuh kita hanya membutuhkan 0,5 g sodium saja per hari atau setara dengan setengah sendok teh ( 1,5 g garam), dan rata-rata kebanyakan orang Indonesia mengkonsumsi jumlah yang cukup besar apalagi yang lidahnya terbiasa dengan masakan asin. Itulah sebabnya kenapa penyakit darah tinggi juga menyerang masyarakat menengah ke bawah, yang walaupun jarang makan daging tetapi sering makan ikan asin.

Selain garam dapur dan ikan asin, makanan lain yang juga mengandung garam yang tinggi yaitu berbagi jenis junk food dan fast food, ham, daging asap, camilan, makanan kaleng.

Tetapi hal ini bukan berarti kita sama sekali tidak boleh mengkonsumsi garam, karena kekurangan sodium juga berakibat fatal yaitu kelumpuhan. Sodium ini tidak hanya diperoleh dari garam dapur tetapi juga pada buah dan sayur. Jadi, kesimpulannya adalah untuk menjaga kesehatan baiknya kita menjaga pola makan dengan baik dan tidak terlalu berlebihan, tidak asin sekali dan juga tidak anyep. Semoga informasi ini bermanfaat.(Informasi didapat dari Majalah Intisari)

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: