Tips Menghindari Spam

Spam atau email sampah sering kali membuat pusng penerimanya. sebenarnya apa sih spam itu? Wikipedia mengatakan bahwa spam itu adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. Bentuk berita spam yang umum dikenal meliputi: spam surat elektronik, spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam blog, spam berita pada telepon genggam, spam forum Internet, dan lain lain. Jadi, spam itu bukan hanya ada pada email saja.

Wikipedia juga menuliskan bahwa Spam dikirimkan oleh pembuat iklan dengan biaya operasi yang sangat rendah, karena spam ini tidak memerlukan senarai (mailing list) untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan. Sebagai akibatnya banyak pihak yang dirugikan. Selain pengguna Internet itu sendiri, ISP (Penyelenggara Jasa Internet atau Internet Service Provider), dan masyarakat umum juga merasa tidak nyaman. Karena biasanya sangat mengganggu dan kadang-kadang membohongi, berita spam termasuk dalam kegiatan melanggar hukum dan merupakan perbuatan pidana yang bisa ditindak melalui undang-undang Internet.

Kerugian spam lain secara teknis yaitu spammer menyalahgunakan/menghabiskan resource jaringan. Komunitas milis Spam Brigade menjuluki spam sebagai “the biggest waste of bandwidth on the Internet and Usenet.”  Banyak uang terkuras setiap harinya karena bandwidth yang diperlukan untuk mengirimkan jutaan email spam. Padahal mayoritas email tersebut pada akhirnya akan di-bounce atau langsung dihapus. Dan secara bisnis, kegiatan spammer perlu dilawan karena banyak yang mempraktikkan penipuan.

Ternyata begitu merugikannya spam itu ya, eikut ini ada beberapa cara menghindari spam secara umum:

  • Untuk spam email, dapat menggunakan fasilitas mail filtering yang ada di Outlook Express, mengaktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server e-mail, dan memberi filter untuk spam pada router atau server email.
  • Untuk komputer personal atau perusahaan dapat memakai antivirus yang mendukung anti spam, dan menggunakan firewall bawaan dari System Operasi atau personal firewall.(rie-dikutip dari berbagai sumber)

About sitiutarirahayu

I am a muslim

2 responses to “Tips Menghindari Spam”

  1. gilang rizki says :

    boleh nanya’. macam mana caranya tulisan yang baru kita buat di blog muncul paling atas pada home blog ?. soalnya tulisan macam-macam jomblo pada blog ku nggak mau turun padahal dah banyak tulisan yang lebih baru, tetap aja dia betengger disitu. jadi bingung aku. tolong kasih penjelasan.

  2. devo avidianto p says :

    ok deh , maksih ya atas informasinya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: