Obat Tradisional Mengatasi Sakit Gigi

Pernah mengalami sakit gigi? Kalau iya, pasti sangat sakit dan mungkin ketika kita mengalaminya akan terbersit suatu kalimat pada hati kita, “Ternyata lebih baik sakit hati daripada sakit gigi,”… Yang merupkan kebalikan dari lirik lagunya Meggy Z.

Sebenarnya apa sih penyebab sakit gigi itu? Jadi sakit gigi itu terjadi karena pada mulanya ada lubang pada gigi.

Willoughby Miller seorang dokter gigi Amerika yang bekerja di Universitas Berlin menemukan penyebab pembusukan gigi. Ia menemukan bahwa lubang gigi disebabkan oleh pertemuan antara bakteri dan gula. Bakteri akan mengubah gula dari sisa makanan menjadi asam yang menyebabkan lingkungan gigi menjadi asam (lingkungan alami gigi seharusnya adalah basa) dan asam inilah yang akhirnya membuat lubang kecil pada email gigi.

Saat lubang terjadi pada email gigi, kita belum merasakan sakit gigi. Tetapi, lubang kecil pada email selanjutnya dapat menjadi celah sisa makanan dan adanya bakteri akan membuat lubang semakin besar yang melubangi dentin. Pada saat ini kita akan merasakan linu pada gigi saat makan. Bila dibiarkan, lubang akan sampai pada lubang saraf sehingga kita akan mulai merasakan sakit gigi. Proses ini tidak akan berhenti sampai akhirnya gigi menjadi habis dan hanya tersisa akar gigi.

Gigi berlubang dapat menjadi sarana saluran masuknya kuman penyakit menuju saluran darah yang dapat menyebabkan penyakit ginjal, paru-paru, jantung maupun penyakit lainnya.

Ada beberapa resep obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi ini, yaitu:

Dengan Cengkeh.

  • Ambil 10 butir cengkeh dan sedikit garam
  • Tumbuk sampai halus
  • Kemudian ambil kapas kecil yang ditetesi sedikit minyak goreng dan beri ramuan tadi
  • Lalu letakkan pada gigi yang sakit dan biarkan beberapa lama

Dengan kecubung

1. Menggosokkan akar pada gusi gigi yang sakit.

2. Akar ditambah jahe, ditumbuk kemudian ditempelkan pada gusi sebagai penghilang rasa sakit.

3. Campuran air jeruk nipis (1 sdm), gilingan daun legetan warak (1 sdm), gilingan akar kecubung (1 sdm), kemudian seduh dengan air garam (3/4 cangkir), peras dan saring. Digunakan untuk berkumur-kumur selama beberapa menit.

4. Akar kecbung (50 gr), daun legetan arak (10 lembar), kunyit (10 gr) digiling halus, diseduh dengan air mendidih, disaring, dipakai untuk berkumur kemudian diminum setelah diberi sedikit garam.

Dan sebaiknya gigi tersebut dipeiksakan ke dokter gigi.(rie-dikutip dari berbagai sumber)

About sitiutarirahayu

I am a muslim

One response to “Obat Tradisional Mengatasi Sakit Gigi”

  1. sinjay school says :

    Terima kasih atas artikelnya kawan, tulisan yang sangat bermanfaat, ini Kali pertama saya mengunjungi blog ini, izinkan saya tuk menjelajahi dan menelusuri setiap postingan yang ada dan menitipkan link sebagai penanda agar pemilik blog ini selalu mengingat bahwa Saya adalah pengunjung setia dan berharap bahwa suatu saat pemillik blog ini sudi mengunjungi balik ke blog Saya dan menaruh komentarnya. Berhubung Blog Saya berbahasa Ingris, diharap mengisikan komentar menggunakan B Inggris. thanks by Sinjay School

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: