Tips Manajemen Waktu

Waktu, suatu yang sulit untuk didefinisikan, suatu kuantitas fisika yang menentukan kualitas. Waktu tak bisa dikembalikan, juga tak bisa dipercepat, setiap detiknya berjalan sesuai hukum Tuhan.

Sudah banyak buku yang menerangkan tentang waktu, tetapi kadang, hal itu dirasa belum cukup mampu memberikan kualitas yang lebih bagi diri seseorang.  Itu karena segala sesuatu sebenarnya berasal dari kehendak diri, yaitu dorongan dari dalan diri untuk memanfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Berikut ini hanya tips-tips singkat mengenai manajemen waktu, soal berhasil atau tidaknya, itu diri sendiri yang menentukan.

  • Pertama kali, Tetapkan tujuan dan cita-cita hidup.  Tanyakan pada diri sendiri, `Untuk apa saya hidup?’ `Apa yang saya inginkan?’,’Apa yang harus saya lakukan?’. Lalu tulis semua jawaban  dalam sebuah buku. Semua yang kita inginkan harus realistis dan sesuai dengan koridor kepercayaan kita.
  • Membuat perencanaan. Perencanaan dibuat sesuai dengan tujuan dan jalan hidup. Maksudnya ada waktu yang direncanakan untuk aktivitas-aktivitas yang sudah menjadi jalan hidup dan juga ada waktu untuk aktivitas dalam mencapai cita-cita. Yaitu ada waktu untuk beribadah, untuk keluarga dan sahabat, selebihnya waktu untuk masa depan dan pekerjaan.
  • Tetapkan skala prioritas Setelah membuat perencanaan, buatlah daftar hal-hal yang harus Anda capai dalam waktu dekat. Misalnya, apa yang harus Anda raih dalam minggu depan, bulan depan, tahun depan, dan seterusnya.
  • Batasi rencana . Terlalu banyak rencana juga bukanlah hal yang baik jika  sadar tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak hanya akan membuat  stres.  Buatlah rencana yang yakin Dapat diselesaikan.
  • Jangan Menangguhkan. Lakukan saat ini juga. Saat orang menunda sesuatu, itu berarti membunuh daya gerak pencapaian pada tujuan saat ini dan menghalangi kesempatan di masa mendatang lantaran waktu yang tersumbat. Cara untuk mencegah penundaan adalah dengan merancang deadline untuk tujuan yang harus dicapai.
  • Lacak Aktivitas. Memori adalah penuntun yang payah, jika ini berhubungan dengan menetapkan bagaimana kita melewatkan waktu. Cara terbaik untuk merekam aktivitas sepanjang hari adalah dengan mendata apa yang kiyta lakukan. Kebanyakan orang akan menemukan kalau mereka memiliki tiga jam dalam tiap hari yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal yang lebih membangun atau tindakan yang efisiean. Kurangi waktu yang untuk bertelepon, membolak-balik majalah atau surfing di web yang tak mengahasilkan apapun, dan batasi kegiatan-kegiatan yang tak penting.
  • Berkonsentrasi Pada Hasil. Banyak orang melewatkan waktu mereka sepanjang hari dengan aktivitas yang hiruk-pikuk, tapi hanya sedikit membuahkan hasil. Itu semua terjadi karena mereka tak berkonsentrasi pada hal yang benar. Jangan terkecoh antara bekerja secara efisien dan bekerja secara efektif. Aktivitas dapat memang kadang dapat membebaskan dari tekanan tapi itu tak mencapai tujuan Anda. Dengan lebih berkonsentrasi pada sedikit preoritas ‘utama’ secara teratur. Anda dapat mencapai lebih banyak hal dalam waktu singkat.
  • Ingat Prisip 80/20. 20% kunci aktivitas Anda akan memberi Anda 80% dalam bentuk hasil. Tujuan kita  adalah mengubah ini untuk memastikan kalau kita berkonsentrasi sebanyak usaha yang mungkin kita lakukan untuk hasil tertinggi dari tujuan.
  • Bersikap Tegas. Belajarlah berkata tidak pada orang lain. Waktu itu sangat berharga. Jadi jangan biarkan orang lain menentukan atau memanfaatkan diri kita untuk melakukan hal-hal yang tidak penting bagi kita juga bagi mereka. Batasi gangguan sebisa mungkin.
  • Jadwalkan Waktu Untuk Bersantai. Seperti yang sudah dikatakan di awal, bahwa dalam membuat perencanaan, sebaiknya dijadwalkan waktu untuk jalan hidup, apakah itu salah satunya bersantai. Bersantai bisa jadi meluangkan waktu untuk keluarga, atau beribadah, atau mungkin melakukan suatu hobby yang dapat meregangkan stress dalam diri.

Sekarang Tugas pertama dalam pengaturan  waktu dengan lebih baik adalah membuat mendaftar seberapa banyak waktu yang terbuang sia-sia selama sehari, lalu atur ulang setiap aktivitas untuk melakukan yang lebih maksimal dalam setiap menit. Lebih dari segalanya, berpegangteguhlah pada rencana yang telah kita buat. Semoga tips-tips ini dapat menjadi sarana perbaikan diri kita.(rie-disunting dari berbagai sumber)

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: