Redam Stress Dengan Coklat

Ternyata coklat itu dapat menurunkan kadar hormon stres.Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian baru-baru ini bahwa makan makan permen dark chocolate sebanyak 40 gram per hari selama 2 minggu dapat menurunkan kadar hormon stress cortisol juga ‘fight or flight’ hormon yang dikenal sebagai catecholamine pada orang yang terkena stres berat.

Penemuan ini menambah sederet manfaat dark chocolate yang sudah dikenal sebelumnya. Para peneliti juga mencoba menggali kandungan dalam dark chocolate yang bisa memberi manfaat bagi kesehatan. Seperti misalnya meningkatkan daya sensitif insulin, menurunkan tekanan darah dan memperbaiki suasana hati.

Di dalam penelitian, para peneliti berusaha meneliti efek memakan 40 gram dark chocolate setiap hari selama 2 minggu pada darah dan air seni 30 orang dewasa yang sehat. Setengah dari cokelat dimakan di pagi hari dan setengah sisanya di sore hari.

Tingkat kecemasan para sample diukur pada awal riset dan darah serta air seni diukur di awal dan di akhir riset. Hasilnya membuktikan bahwa makan dark chocoalte tiap hari dapat menurunkan kadar  hormon stress pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan tinggi. Para peneliti juga menemukan bahwa dark chocolate memiliki efek pada metabolisme dan aktivitas mikrobiologis pada usus.

Para ilmuwan juga menyatakan bahwa cokelat yang dimakan dalam jumlah tertentu dapat menurunkan tekanan darah. Dark chocolate yang akhir-akhir ini dipromosikan karena manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kandungan antioksidan yang bisa mengurangi radikal bebas.Hasil penelitian ini dilansir oleh Journal of Proteome Research dan riset dilakukan oleh peneliti Nestle Research Center in Lausanne, Switzerland. Jadi tak usah khawatir gemuk karena dark chocolate biasanya tidak mengandung gula tetapi justru lebih banyak mengandung cacao solid yang bermanfaat bagi tubuh.

Sejak 11.000 SM bangsa Aztec dan Maya juga  sudah menikmati cokelat sebagai minuman. Cokelat mengandung alkaloids seperti theobromine dan phenethylamine yang secara psikologis memberi efek pada tubuh. Hal ini berkaitan dengan kadar serotonin pada otak.

Jadi, makin tambah suka kan dengan coklat?

(rie-disunting dari detik.com)

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: