Aurora, Indahnya Ciptaan Tuhan

Mungkin kita sebagai orang Indonesia hanya pernah mendengarnya pada pelajaran fisika dan melihat gambarnya pada buku ajar fisika.  Sebenarnya apakah aurora itu?

Aurora adalah pancaran cahaya yang terjadi pada lapisan ionosfer akibat adanya interaksi antara medan magnetik (pada bumi) dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Yang berperan dalam pembentukan aurora ini adalah medan magnet. Makanya di bumi aurora paling sering terjadi di daerah di sekitar kutub utara dan kutub selatan magnetiknya, sangat jarang terjadi di daerah katulistiwa. Aurora yang terkenal adalah Aurora Borealis (di kutub utara) dan Aurora Australis (di kutub selatan).

Aurora terbentuk karena interaksi partikel-partikel atmosfer bumi dengan partikel bermuatan dari matahari yang disebut dengan plasma. plasma adalah partikel sejenis gas yang telah terionisasi. pada umumnya gas tidak bermuatan, tetapi karena suhu yang sangat panas di matahari menyebabkan partikel gar terionisasi maka terbentuklah plasma. plasma ini dipancarkan matahari ke segala arah (biasanya pada saat terjadi aktivitas matahari pancaran plasma bertambah), kemudian saat mendekati medan magnet bumi (yang terpusat di kutub utara dan selatan) maka plasma akan tertarik ke kutub-kutub bumi (gejala ini disebut “angin matahari”/solar wind), saat bertemu dengan partikel atmosfer bumi terjadi eksitasi-relaksasi elektron sehingga memendarkan warna yang indah.

Aurora muncul saat elektron bermuatan tinggi dari angin matahari melintasi medan magnet bumi dan berinteraksi dengan atmosfer bumi ratusan kilometer di atas permukaan bumi. Ketinggiannya hampir sama dengan ketinggian orbit Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Ini menyebabkan kadang kala ISS terbang melintasi aurora. Astronot Donald Pettit mengatakan bahwa dia merasa hampir menyentuh aurora dengan tangannya karena aurora begitu dekat dan indah.

Adanya aurora ini membuktikan Maha Kuasa-nya Tuhan, dan hal ini saja membuktikan runtuhnya segala teori orang-orang atheis.(rie-dikutip dari berbagai sumber)

 

About sitiutarirahayu

I am a muslim

One response to “Aurora, Indahnya Ciptaan Tuhan”

  1. Wati indah budi lestari says :

    Apakah Aur0ra itu bsa dpegang??
    Kan aurora hnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: