Galaksi Yang Menelan Bintang Lain

LONDON-MI: Galaksi Andromeda tampaknya membesar dengan menelan bintang-bintang dari galaksi lain, demikian hasil penelitian yang dilaporkan dalam Jurnal Nature, seperti dikuitp BBC, Kamis (3/9).
20090903_115216_BBC-Andromeda-2
Ketika sebuah tim ilmuwan memetakan Andromeda, mereka menemukan bintang-bintang yang mereka katakan merupakan “sisa-sisa galaksi kerdil”.

Mengkonsumsi bintang-bintang sudah pernah diperkirakan sebelumnya namun tim survei kali ini menyampaikan rincian gambar untuk menunjukkan hal itu benar-benar terjadi.

Gambar itu menunjukan model hirarkis pembentukan galaksi sedang berjalan. Model itu memprediksi bahwa galaksi besar akan dikelilingi sias-sisa galaksi lebih kecil yang mereka konsumsi. “Ironisnya, pembentukan dan penghancuran galaksi itu berjalan seiring,” kata Scott Chapman dari Universitas Cambridge. “Kalangan ilmuwan memetakan pinggiran Andromeda secara rinci untuk pertama kali.”

Pauline Barmby, astronom dari Universitas Western Ontario yang terlibat dalam studi ini, mengatakan bahwa pola orbit bintang itu mengungkapkan asalnya. “Andromeda begitu dekat sehingga kita dapat memetakan semua bintang,” katanya. (rie-dikutip dari mediaindonesia.com)

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: