Perguruan Santri Loka, Sesat dan Menyesatkan

Aliran sesat kembali muncul di Jawa Timur, yaitu Perguruan Ilmu Kalam Santriloka di Kelurahan Kranggan Gang 6 No 6, Kecamatan Prajurit Kulon, Mojokerto  dengan  Ahmad Nafan sebagai pemimpin aliran tersebut.

Lelaki yang sering disapa Gus Aan itu mengatakan bahwa Al-Qur’an itu sesat dan membahayakan persatuan. “Alquran bukan dari bahasa Arab, melainkan bahasa Kawi, bahasa Sansekerta, dan bahasa Jawa Kuno. Alquran merupakan buatan orang Arab untuk menjajah bangsa Indonesia,” tuturnya.”Alquran sekarang dimodifikasi oleh orang-orang untuk merusak Majapahit, Jawa, dan Pancasila. Siapa yang bertanggung jawab, kalau Alquran ini salah. Apa nabi mau tanggung jawab,” lanjutnya.

Selain melecehkan Al-Qur’an Gus Aan juga mengecam pelaksanaan ibadah haji, meniadakan shalat ashar, mengingkari puasa Ramadhan. Berikut ini beberapa kutipan pernyataan-pernyataan Gus Aan.

1.”Di dalam Alquran tidak ada perintah shalat Dhuhur, tetapi kita diminta untuk melakukan empat budi luhur saat siang hari kepada sesam manusia. “Apalagi perintah sholat di masjid, ya nggak ada.”

2.“Siapa yang menyuruh ke Makkah. Dulu banyak orang mati di Terowongan Mina. Begini kok katanya perintah Allah.”

3.“Meski sejuta orang wiridan, Gusti Allah itu tetap saja satu. Kalau bisa beranak, berarti Gusti Allah punya puting susu,” kata Gus aan menanggapi zikir ‘Laa Ilaaha Illa Allah’.

4.Menurut Aan, Maghrib berarti Mageri Urip (Membentengi hidup) dengan budi pekerti, Isya berarti isak-isakno (Sebisa mungkin) berbuat baik kepada sesama, Subuh berarti ojo kesusu labuh (Jangan tergesa-gesa ke sawah) dan Dhuhur berarti nduweni budi luhur (Bermoral).

“Karena salat Ashar itu perintah agar tidak tersesat, maka salat Ashar tidak ada,” kata Gus Aan.

Pria yang mengaku mempunyai penganut ribuan orang ini, pemahaman Islamnya itu didapatkan dari berbagai buku bacaan yang dirinya tidak mengetahui siapa yang mengarang dan mencetaknya. “Kalau anda ingin negara Indonesia maju ikuti syahad yang benar dan shalat yang benar dan harus mengikuti Islam yang benar. Belajar saya seperti bacaan yang Anda baca, siapa yang membuatnya saya tidak mengetahuinya,” katanya saat ditanya dari mana dirinya mendapatkan ilmu tersebut

Menanggapi adanya aliran sesat tersebut, Ketua Majelis Ulama Jawa Timur, Abdushomad Buchori,  mengatakan banyak buku-buku yang bisa membuat pembacanya salah memahaminya. Ini karena kemampuannya yang kurang sehingga bisa menjadikan pembacanya berubah keyakinan.

“Buku kan banyak macam-macamnya. Ada yang dogmatik, misalnya kenapa tuhan itu kok satu? Mengapa kita kok disuruh shalat? Ini sangat membahayakan pembacanya jika tidak memahaminya secara utuh. Jika paham ini dibiarkan liar maka akan menyebabkan stabilitas masyarakat di Jatim, khususnya di Mojokerto, terganggu,” paparnya.

Atas kasus tersebut MUI akan melakukan tindakan sesuai standar untuk menghentikan ajaran yang keliru dan sudah banyak terjadi di Indonesia. Misalnya, menggunakan UU no 1 tahun 60 tentang Pranata Agama. Pimpinan atau bupati diminta untuk melakukan tindakan persuasif, atau dengan rujuk ilal hak. “Ada standar prosedur untuk melakukanya,” ungkapnya

Abdushomad mengutip pernyataan Naf’an “kalau anda ingin negara Indoneisa maju ikuti syahad yang benar dan shalat yang benar”. “Pernyataan ini menarik tetapi perlu diletakkan pada porsinya yang benar. Seperti pernyataanya itu benar tetapi di tempat yang salah,” papar Abdushomad.

Berkembangnya Aliran sesat ini mengindikasikan keadaan masyarakat yang sakit dan putus asa hingga dapat menerima ajaran yang tidak masuk akal ini. Hal ini dapat terlihat dari ucapan Gus Aan pada program televisi ‘Suara Anda’ yang mengatakan doanya tidak dikabulkan sehingga dia menjadi ragu atas ajaran islam dan mendirikan aliran ini. (rie-dikutip dari berbagai sumber)

 

About sitiutarirahayu

I am a muslim

45 responses to “Perguruan Santri Loka, Sesat dan Menyesatkan”

  1. Bee Ae says :

    USUM AYA AYA WAE JELEMA LALIEUR

  2. David Febriy says :

    Luweh apik NETRAL (Gak milu aliran opo-opo) koyo aku, mundak ono seng salah

  3. tjahyoenoe says :

    .astaghfirullohhalazdim.
    .manusia bento tingkat dewa ..ya alloh pangapuranen dusone AAN(anggota andalan nerekawell)

  4. Bandot says :

    Gus An’ mantaf
    gue suka gaya loe’,..
    lo pantas jadi Uztat di Rsj
    uztatnta gila jemaahnya juga Orang gila

    kok yo gelem ndisek simbok’e nyusoni
    wong koyo guwe,..
    modaro wae daripada dadi firus masarakat.

  5. apriadi al asrori says :

    sebenarnya ajaran mbah aan bisa dikatakan benar juga karena ajaran mbah aan bisa dikatakan hakikat: contoh dhuhur kita harus berbudi luhur , ashar bukan tidak ada: tapi kita harus andap ashor terhadap leluhurkita dan orang lain. YA MAKLUMI AJALAH ITU ADALAH MBAH AAN MUNGKIN MBAH AAN BELUM MENDALAMI ARTI ‘URIP’ YANG SEBENARNYA. SAYA MENDUKUNG MBAH AAN ASALKAN JANGAN SUKA MENJELEKKAN AGAMA DAN KEPERCAYAAN LAIN. SEMOGA MBAH AAN SABAR DAN BERUBAH

  6. WONG KEMIRI PURWOREJO says :

    Nek mau murtad mbok jangan bawa2 konco, jadi nang neraka ben tempate jembar gitu lho. . .,dan buat konco2 yg masih punya iman, kira2 orang itu baiknya diapain?

  7. Shetan dharat says :

    YAH..SI AAN.! TOBAT LOE!!! CARI PENYAKIT AJA LOE!! >>> CARI TENAR = MUAMPUSS!!!

  8. Dh3mit l4ut says :

    Uii..doa blm dikabulkan koq kyk gitu..?!! Ga boleh lah..jng campur aduk antara KEJAWEN ama ISLAM dong.. An, blh2 ja loe ikut aliran kejawen dng semua tafsirannya, tp mbok ya jng ajak2 yg laen lah.. Saat ni loe pasti anggap ajaranmu super bener trus loe ajak org laen ikut prinsip loe..tp loe kan ga tau ntar DISONO ajaranmu tu bener apa ga, kalo trnyata loe salah..loe harus nanggung dosa2 org yg loe ajak! Mbok yao cepet tobat, loe tu salah n jng smakin salah aja..an, INSYAF..!! masih ada waktu. Kaji lagi lah pola pandangmu..WONG PODO NYEMBAH GUSTI KANG MOHO DUMADI NEK BISO YO NGANGGO CORO ISLAM SING BECIK..

  9. sutriana lasmo says :

    akhir jaman ini…krisis global ini banyak yang sakit mental rupanya….smoga dia cepat tobat deh..,.

  10. ade sutisna says :

    gus aan saya katakan kafir karena sudah jelas mengingkari ayat-ayat allah…

  11. genta yudistira says :

    Ini, wong Mojokerto koq nganeh-nganehi. Argumennya aja nggak intelek. Jadi males ngomenteri “Gost” Aan. Udah bicaranya nggak mutu orangnya kotok lagi.
    Pernah buka situs http://exmuslim.wordpress.com? Kalo belum coba deh (Tapi tidak direkomendasikan untuk mereka yang tidak paham siroh nabawiyah).
    Isinya nyata-nyata menghina Islam, memutarbalikkan fakta sejarah bahkan mengutak-atik ayat Al-Qur’an. Tapi disajikan dengan argumen intelektual. Gokil bener situs ini. Orang yang tidak kuat imannya bisa terkecoh. Apalagi yang belajar agamanya hanya separoh-separoh.

  12. feri says :

    santri lol gitu ! itu pertanda ga’ bisa baca kitab kuning

  13. feri says :

    sebelumnya maaf yaaaa! saya butuh teman diskusi nihc!

  14. feri says :

    orang ini ngajinya dulu ngantuk jadi bicaranya ngawur. pancene wong sempel. jangan mudah terpengaruh ya ! dengan kogika

  15. uvy says :

    santri………………………….loka ntw ajaran yg ga baexxxxxxxx

    .dah tw ga baex og diikutin………………

    DASAR ORANG STRESSSSSSS…………………..

  16. aris says :

    darah si aan sudah halal mari kita sembelih buat hari raya kurban ,,,

  17. yuyun wulandari says :

    Astaghfirullahal’adziim,.,.,.,.,.,.,.,,.,,

  18. mr.x says :

    allahuakbaaaarrrr…….!!!!!

  19. M.A. RAZAK says :

    SDR. AAN SEGERA BERTOBAT SEBELUM ANDA MENDAPATKAN LAKNAT DARI ALLAH SWT

  20. den mas eko says :

    ya lebih baik kita mawas diri. dasar dari dasarnya siapa yang harus kita runtut, mengapa hal ini terus terjadi ditengah-tengah masyarakat yang kehidupanya semakin sulit.mari kita bina iman kita dengan banyak hal yang membangun.bukan hanya kita saling menyalahkan.ok

  21. m.bejo ariska says :

    darah orang seperti aan sudah halal. dari pada lebih edan mendingan dibuat sate ja daging nya!

  22. Isma luph says :

    Weleh2..
    Kq msh ad y hamba Allah n umat nabi Muhammad yg kyk aan…
    Org kyk gtu perlu dicuci otaknya biar kembali fitrah..

  23. Isma luph says :

    Weleh2..
    Kq msh ad y hamba Allah n umat nabi Muhammad yg kyk aan…

  24. Kepala sekolah says :

    Kang AAN belajar ngajinya bayarnya pake Beras sama kangkung jadi ngajarnya sambil nguantuk dan sebisanya saja.
    materi AGAMA yang dianut MOTO & SLOGANnya SEBISANYA, KALO BISA, GA USAH REPOT-REPOT, OJO KESUSU.
    ALIAS KAREPE DEWE (terserah diri sendir)

  25. alam udin says :

    itu sungguh sebuah kemusyrikan yang sgt hina……
    bahkan kalau bisa, org yang membawa /bahkan yang menganutnya kalau sudah tidak bisa di perbaiki mesti di bunuh,,,,,,,
    alias DI PATENI,,,,,,,,

  26. zzz.. says :

    eh,,naf’an sia euweuh kapaur eta sungut (bacot) jiga nu ecreug wae.. bisi d cabok rasul engke d poe akhr karaknyaho sia.. Goblok !! d tangkep polisi nyenyengiran deui eta dina tipi teh.. euweuh kapaur sia anying!!

    (hamba allah)

  27. kaos-mercury says :

    aduh kok makin banyak orang yang tersesat…. aku berlindung kepada mu ya Allah dari kesesatan… amin

  28. MUHAMMAD ZAUZI says :

    ORANG GILA SEPERTI AAN HARUS DILENYAPKAN DARI MUKA BUMI INI.

  29. BaNi MusTajaB says :

    mari kita luruskan pemahaman yang salah itu.

  30. ridwan says :

    eh gus an?sekate kate luh,di kepret allah baru nyakho luh……dodol luh

  31. ruanghatiberbagi says :

    Titip Pesan : Ayo Senin Besok Kita Pakai Baju Hitam Semua Untuk Dukung Cicak Melawan Buaya http://ruanghati.com/2009/11/01/ayo-senin-besok-kita-pakai-baju-hitam-untuk-dukung-cicak-lawan-buaya/

  32. Pasang Iklan says :

    Subhanallah…
    masih ada saja orang yang mengajarkan sesat kepada masyarakat banyak…
    sesunggunya pa yang ada didalam benak pemimpinnya tersebut..
    dan apa juga yang ada didalam pemikiran para pengikutnya…

    aliran santriloka ini melebihi lia eden yang alirannya terungkap beberapa tahun yang lalu…
    pemimpin santriloka ini masih saja menyangkal dan juga menantang agama islam yang sesungguhnya…
    dimana dia tetap teguh dengan pendiriannya…
    dia mengatakan bahwa pengikutnya tidak usah menjalankan ibadah puasa karena selama dalam kandungan kita sudah puasa…
    dia juga mengatakan bahwa pengikutnya tidak diwajibkan untuk sholat 5waktu, sholat itu bisa diganti dengan perbuatan baik dan juga menolong dan sedekah…

    semoga saja para pengikutnya sadar bahwa aliran santriloka yang mereka ikuti adalah sesat…
    semoga mereka mendapatkan ampunan dari sang Maha Kuasa…

    Iklan

  33. Tazza says :

    astagfirullah… maafkan dia Ya Allah… -amiiiiiiiienn-

  34. ve gaskins says :

    sadar lah kau nafan dan cepatlah kau bertobat
    alloh maha pengampun bagi sgala dosa2 manusia..

    ya alloh sadarkan lah sinafaan,buka kan lah pintu hati nya dan berilah dia petunjuk mu…
    agar dia bisa kembali ke jalan yg lurus DAN kluar dari kesesatan

    AMIN YA RABBAL ALAMIN.

  35. rifai masir says :

    punya sensasi ingin masuk tivi,,,,,,,,! menghadapi orang strees mesti hati-hati…..!

  36. riza_kasela says :

    Mending dia bikin agama baru

  37. growing dick says :

    huahahahahahaa orang gilaaaaaaaaaa…..

  38. ABDULAH says :

    NA’UDZU BILLAH……mudah2an Allah menunjukinya kpd jalan yang benar.
    untuk mengatasinya saya rasa dijadikan dialog empat mata aja kepadanya,,,perwakilan dari MUI yg sekaligus ia (MUI) juga ahli di bidang psikologis.jgn secara rame2.
    sebenarnya dia itu org yg dulunya dukun,tapi tiba2 mengaku jadi org yg berilmu, sampai mengaku nabi.

  39. Ancemon says :

    Naf’an itu orang stress, orang gila dan perlu di cek di RS Jiwa grogol. Masa Al-Quran di suruh ikut otak manusia, sedangkan Al-Qur’an itu berlaku sepanjang jaman. Hati-hati lidah mengeluarkan kata-kata bung Naf’an ! Di Catat malaikat baru tahu rasa loe.

  40. nurul says :

    klu menurut aq tentang banyaknya aliran sesat di jatim menjadi cerminan betapa rendahnya ketakwaan dan keyakinan masyarakat jatim, jadi tugasnya para pemuka agama lebih aktif lagi dalam memperkuat iman.

  41. imam r says :

    Saya sependapat dengan panjenengan semua Umat Islam/Muslimin, bahwa saudara Aan itu perlu diperiksakan ke rumah sakit Jiwa, mengingat pendirian perguruan Santriloka yang di pimpinnya itu sudah jelas “Sesat”.Orang ini tidak mempunyai pondasi Agama yang kuat dan mudah labil pikirannya,membaca buku-buku agama kalau tidak ada pendaping yang ahli dipastikan orang macam begini akan lari dari Akhidah Islam sebenarnya,ujung-ujungnya dipastikan mendirikan aliran sendiri yang dianggap paling benar untuk mencari kawan yang gampang di bodohi. Panjenengan pasti masih ingat aliran-aliran yang sudah dibubarkan oleh pemerintah maupun yang di demonstrasi oleh FPI di Indonesia karena aliran sesat yang tidak sesuai dengan Akhidah Islam agama paling sempurna yang telah diturunkan oleh Alloh SWT di muka bumi ini. Semoga aparat terkait dapat membubarkan aliran Sesat ini di Jawa Timur. Karena saat ini Jawa Timur Propinsi yang paling aman dari 33 propinsi di Indonesia.

  42. Muhadjirin Abu Habib says :

    naudzubillah min dzalik, ini orang bodoh kok ya bener – bener nekad.
    islan dan mojopahit itu beda 700 tahun islam duluan ada. gimana mungkin islam lahir di mojopahit ? kepada ummat islam mesti hati-hati dengan perkara seperti ini, mari kita belajar dengan benar agar tidak tersesat.

  43. Jaka says :

    gus An emang mantap, mau sesat koq ngajak-ngajak orang, dan orang semacam ini memang hatinya sudah buta, kalo dia mengingkari al’quran kenapa masih mengaku beragama islam.dan inilah simbol orang bodoh tentang islam sombong dengan ketidak tahuaanya.semoga Allah memberi taufiq d,n hidayahNya

  44. akhmad herdian says :

    gue ngga terlalu banyak tau juga soal agama, tapi gue masih yakin dengan ajaran islam yang dulu, alquran, sholat, puasa. pimpinan santri loka itu dah kemasukan makhluk laen kali jdi bisa bilang alquran itu sesat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: