Catatan Kuliah Mikrokontroler

Catatan Kuliah ( Senin, 19 Oktober 2009 )

Mikrokontroler

Mikrokontroller adalah sebuah komputer kecil yang dibangun dalam dimensi sebuah chip atau IC (Integrated Circuit). Jenis dan tipe dari sebuah mikrokontroller umumnya ditentukan oleh berapa jumlah port input/output yang dimiliki, berapa banyak memori yang dimilikinya. Kedua hal tersebut menentukan kemampuan dari tiap jenis mikrokontroller untuk berinteraksi dengan berbagai hardware lain untuk membentuk sebuah sistem pengendalian.

Mikrokontroler adalah mikroprosesor yang telah dilengkapi komponen-komponen pendukung secara internal yaitu seperti: CPU, ROM, RAM, dan I/O yang membentuk mikrokomputer tunggal yang dikemas dalam bentuk IC

Perbedaan antara mikrokontroler dengan mikroprosesor yaitu:

1. Mikrokontroler adalah prosesor yang digunakan untuk tujuan pengendalian.

2. Dilengkapi dengan I/O modul (I/O sudah terintegrasi), sedangkan

3. Mikroprosesor digunakan untuk aplikasi serbaguna, dan

4. I/O-nya masih diluar

Persamaannya dari sisi asembli: setia[ memasukkan program harus mengetahui terlebih dahulu registernya.

Mkrokontroler AT89S51 merupakan mikrokontroler produksi Atmel dan merupakan pengembangan dari 8051 produksi Intel.

Struktur memori dari AT89S51 adalah:

1. RAM internal

Memiliki meemori sebesar 128 byte yang biasanya digunakan untuk menyimpan variable atau data yang bersifat sementara. Mempri ini dapat diakses tanpa tambahan rangkaian dengan koder alamat.

1. Special Function Register (SFR)

Memori ini berisi register-register yang mempunyai fungsi khusus yang disediakan oleh mikrokontroler tersebut, seperti timer, serial, dan laian-lain. Register- register ini menempati alamat pada RAM internal yaitu pada alamat 80h sampai FFh

1. Flash PEROM

Memori ini digunakan untuk menyimpan instruksi-instruksi MCS51 yang tetap, instruksi ini digunakan oleh AT89S51. Data pada memori ini tidak akan hilang bila catu daya padam, akan tetapi memori dapat ditulis ulang apabila akan ada perubahan. Flash PEROM ini dapat ditulis ulang dengan kombinasi sinyal control dan tegangan bakar (tegangan lebih besar dari +5 Volt, biasanya +12 Volt), akan tetapi untuk mikrokontroler AT89S51 dapat ditulis menggunakan PC dengan bantuan programmer (Downloader)

Konfigurasi Pin

Berikut adalah konfigurasi pin AT89S51 yang dikemas dalam Dual Inline Package (DIP) 40 pin.

Pin 1 – 8 Port I, merupakan bidirectional I/O port. Setiap keluaran tiap pin dapat dijadikan sebagai input bagi TTL. Juga dapat dikonfigurasikan sebagai multiplex low address/ data bus selama akses ke eksterenal program dan data memori. Dpat juga mnerima code byte selama flash programming dan output kode selama verivikasi program.

Pin 9 Pin Reset, sebagai mesukan sinyal reset, yaitu kondisi high pada pin ini selama dua siklus mesin keika oscillator running reset pada peralatan.

Pin 10-17 Port bidirectional I/O dengan internal pullup, dapat juga dikonfigurasikan menjadi multiplexed low address/ data bus selama akses ke eksternal program dan data memori. Selain itu dapat mnerima code byte selama flash programming dan output code selama verivikasi program. Disamping itu memililiki fungsi berkaitan dengan pengiriman data secara serial, sinyal control dan eksternal data memory, timer

in 18-19 XTAL1 dan XTAL2, sebagai masukan clock. Pin 18 dan 19 ini digunakan jika menggunakan clock internal. Jika menggunakan rangkaian clock eksternal maka hanya pin 19 yang digunakan sedangkan pin 18 tidak digunakan/ digroundkan.

Pin 20 Ground

Pin 21-28 8 bit saluran I/O dua arah. Port ini juga digunakan untuk pengalamatan 16 bit alamat tinggi (dengan instruksi movx@dptr).

Pin 29 PSEN (Program Store enable), merupakan sinyal baca untuk mengeksekusi memori eksternal.

Pin30 ALE (Address latch enable), merupakan pulsa yang berfungsi untuk menahan alamat rendah (A0-A7) pada port 0 selama dilakukan proses baca/ tulis memori eksternal, juga berfungsi sebagai masukan pulsa program selama dilakukan pemrograman pada EEPROM internal.

Pin 31 EA (Eksternal Access), merupakan pin yang mengatur memori yang digunakan jika EA dihubungkan ke Vcc maka memori program yang digunakan adalah memori internal, sedangkan jika EA dihubungkan ke tanah maka memori yang akan digunakan adalah memori eksternal.

Pin 32-39 Port 0, selain sebagai saluran I/O 8 bit dua arah juga sebagai pengalamatan 16 bit alamat low (A0-A7) yang dimultipleks dengan saluran bus data (D0-D7) yang digunakan pada saat mengakses ROM dan RAM eksternal.

Pin 40 Vcc, masukan catu daya 5 Volt.

CPU (Central Processing Unit) merupakan otak dari mikrokontroler AT89S51 yang terrdiri dari:

* ALU (Aritmatic Logic Unit)

Digunakan pada pengoperasian aritmatika dan logika. Fungsi aritmatika dasar yang dapat dibuat adalah penjumlahan, perkalian, pembagian. Sedangkan fungsi logika yang dapat dioperasikan adalah AND, OR, dan XOR, serta pergeseran bit, komplemen, set, clear, dan sebagainya.

* Accumulator dan PSW (Program Status Word)

Akumulator (register A) merupakan register 8 bit yang berfungsi sebagai tempat tujuan dari hasil instruksi aritmatika. Akumulator juga merupakan asal dan tujuan dari instruksi logika dan sejumlah instruksi pemindahan data khusus. Banyak instruksi yang mempunyai efek tertentu, misal status tanda (positif atau negatif, nol, paritas, dan alin sebagainya) yang dikelompokan secara bersama ke dalam sebuah register PSW.

* Register SP (Stack Pointer)

Register 8 bit yang mempunyai fungsi khusus adalah register B yang akan melayani proses eksekusi instruksi perkalian dan penjumlahan. Register ini digunakan bersamaan dengan akumulator.

Register SP merupakan register stack (penyimpan sementara) 8 bit ynag akan menyimpan byte terakhir yang di push. SP akan bertambah satu jika ada instruksi push dan berkurangsatu jika ada instruksi pop

Contoh-Contoh program Download disini

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: