Membuat Tepung Panir

Untuk membuat tepung roti sendiri, bahan yang harus disiapkan adalah aneka jenis roti tawar. Roti tawar putih, cokelat atau whole wheat. Bisa memanfaatkan roti yang bersisa atau roti segar yang memang akan dipakai untuk tepung roti.

Jika ingin mendapatkan tepung roti yang putih bersih, buang dahulu bagian pinggir roti tawar. Potong-potong roti kasar lalu angin-anginkan sebentar hingga agak kering. Setelah itu masukkan potongan roti ke dalam food processor dan proses hingga halus. Tepung roti ini siap dipakai untuk campuran burger atau melapisi kroket dan risoles. Jika ingin lebih kering, panggang  selama 5 menit dalam oven panas. Hasilnya tepung roti lebih kering dan ringan.

Untuk mendapatkan tepung roti yang agak kecokelatan, jangan membuang kulit luar roti. Keringkan bersama roti dan proses dalam food processor. Demikian juga untuk roti whole wheat atau brown bread. Potong-potong roti, panggang sebentar dalam oven panas hingga agak kering lalu haluskan dalam food processor.

Jika ingin tekstur tepung roti agak kasar, jangan terlalu halus saat menghancurkan. Demikian juga jika ingin lebih kering, pangganglah sedikit lebih lama. Selain dipanggang roti tawar juga bisa dikeringkan di bawah sinar matahari.

Setelah dihaluskan sebaiknya simpan tepung roti dalam stoples kedap udara agar tidak melempem dan mudah berjamur. Agar mendapatkan tepung roti baru dan segar, haluskan tepung roti seperlunya saja untuk 2 atau 3 kali pemakaian.(rie-dikutip dari detik.com)

About these ads

About sitiutarirahayu

I am a muslim

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 747 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: